Dalam dunia pemasaran, copywriting adalah strategi yang tak bisa diabaikan. Setiap kata yang digunakan dalam iklan atau promosi mampu mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan dan mendorong mereka melakukan tindakan tertentu.
Nah di artikel ini, kami akan memperkenalkan berbagai contoh copywriting terbaik yang dapat meningkatkan daya tarik iklan Anda dan membantu menjual produk dengan lebih efektif.
1. Spesial
Cocok untuk: semua jenis bisnis.
Contoh copywriting: Buat momen spesial dengan hadiah istimewa ini.

Banyak orang suka merasa istimewa. Dengan menggunakan kata-kata seperti “spesial” atau “eksklusif”, Anda dapat membuat pelanggan merasa bahwa mereka mendapatkan sesuatu yang unik jika membeli produk tersebut.
Alasan lainnya, audiens seringkali tertarik pada produk dan layanan yang tidak tersedia untuk semua orang. Itu artinya, teknik copywriting ini cocok bagi Anda yang ingin menjual produk secara cepat.
2. Tanpa Risiko
Cocok untuk: layanan keuangan, asuransi, kesehatan.
Contoh copywriting: Dapatkan cuan tanpa risiko!

Orang-orang seringkali takut mengambil risiko dalam pembelian. Namun menggunakan kata copywriting “tanpa risiko”, Anda memberikan jaminan keamanan dan meyakinkan calon pelanggan untuk percaya produk Anda.
Kata “tanpa risiko” juga menciptakan rasa kepercayaan dan memberikan perlindungan kepada pelanggan. Oleh sebab itu, biasanya copywriting ini juga dibarengi dengan kata “garansi”.
3. Hemat
Cocok untuk: produk supermarket, kecantikan, layanan berlangganan.
Contoh copywriting: Langganan sekarang, lebih hemat 50%.

Salah satu contoh copywriting produk berikutnya, kata “hemat”. Harga yang lebih murah atau penawaran diskon selalu menarik bagi pelanggan untuk membeli produk.
Memakai teknik copywriting ini, Anda memberikan kesan bahwa pembeli akan mendapatkan nilai yang lebih baik dengan pengeluaran yang lebih sedikit.
Kata “hemat” juga menciptakan rasa kepuasan dan keberhasilan dalam berbelanja. Pembeli merasa bahwa mereka telah melakukan keputusan cerdas dengan memilih produk yang memberikan nilai lebih atau diskon yang menguntungkan.
4. Gratis
Cocok untuk: semua jenis produk.
Contoh copywriting: Beli hosting gratis domain.

Siapa sih yang tidak suka mendapatkan produk gratis? Ketika orang mendengar kata “gratis”, mereka seringkali antusias karena bisa mendapatkan sesuatu tanpa harus merogoh kocek.
Dengan memasang kata “gratis”, Anda dapat menarik minat pembeli dan mendorong mereka mencoba produk Anda.
5. Command Headline
Cocok untuk: semua jenis produk.
Contoh copywriting: Dapatkan bonus Rp100.000 sekarang!

Sekarang, kita akan beralih ke jenis copywriting untuk headline, salah satunya adalah command headline. Command headline merupakan copywriting menggunakan kata-kata perintah untuk mengarahkan pembaca agar melakukan sesuatu.
Namun, perlu diingat bahwa copywriting yang menggunakan command headline sebaiknya menjelaskan alasan atau akibat yang mungkin terjadi jika audiens tidak mematuhi perintah dalam headline.