Apa itu design sprint?
Design Sprint adalah proses yang diciptakan di Google untuk mempercepat pengambilan keputusan dan mengurangi risiko dalam proyek-proyek strategis. Kini, proses ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan paling inovatif di dunia. Tujuan dari Sprint adalah memvalidasi konsep Kamu dalam waktu seminggu dengan membangun prototipe dan mengujinya pada calon pelanggan Kamu dalam suasana yang bersahabat dan kreatif.
Untuk siapa design sprint ini?
Agar dapat bertahan dan berkembang, perusahaan harus terus berinovasi. Sprint terutama digunakan untuk menguji ide pengguna dan memecahkan tantangan transformasi digital . Design Sprint sangat dipuji oleh manajer inovasi, manajemen, dan tim pemasaran.
Mengapa ini sebuah revolusi?
Segar, pragmatis, dan efisien, Sprint merevolusi cara tim bekerja dan berkolaborasi . Pengembalian investasi sangat besar karena Design Sprint memadatkan pekerjaan berbulan-bulan menjadi hanya beberapa hari.
Proses Desain Sprint
Idenya sebenarnya sangat sederhana. Sebuah tim kecil mengosongkan kalendernya selama seminggu dan mendedikasikan dirinya untuk mengikuti prosesnya, dengan cepat beralih dari tantangan ke solusi yang teruji. Tim Kamu terlibat aktif dalam merancang konsep untuk tiga hari pertama Sprint.
Pada hari ke-4, desainer terbaik kami, bersama beberapa anggota tim Kamu, akan membuat prototipe yang realistis. Pelanggan atau pemangku kepentingan yang sebenarnya kemudian akan menguji prototipe tersebut pada hari ke-5. Kami akan mengumpulkan dan menganalisis masukan pengguna bersama-sama untuk menilai potensi konsep Kamu. Setelah Sprint, kami akan membantu Kamu mengambil langkah selanjutnya untuk memajukan proyek.
Desain sprint sebagai alat transformasi digital untuk bisnis
Kita telah mencapai titik di mana bisnis dan teknologi harus bekerja sama. Baik Kamu sedang mengembangkan strategi baru, meningkatkan pengalaman pelanggan, atau mengoptimalkan proses rantai pasokan, teknologi digital sangat penting untuk mengubah bisnis Kamu.
Agar dapat berkembang, tetap relevan, dan membuat klien Kamu senang, Kamu perlu mengubah budaya kerja dan mengotomatiskan area-area penting. Tidak peduli seberapa besar perusahaan Kamu, Kamu harus belajar cara bekerja lebih baik, lebih cerdas, dan lebih cepat.
Design Sprint merupakan solusi efektif untuk menangani masalah yang rumit atau emosional. Sprint telah menjadi alat yang sangat berharga karena memberikan hasil akhir yang sangat jelas dan dapat ditindaklanjuti dalam waktu yang sangat singkat. Google, Lego, Home Depot, AirBnb, dan banyak lainnya telah menggunakan lokakarya sprint untuk mendesain ulang organisasi mereka dalam skala besar.
Sementara perusahaan-perusahaan di Silicon Valley sudah mengembangkan Sprint satu per satu, jalur ini mungkin terdengar sedikit menantang bagi organisasi lain yang belum tentu memiliki tingkat kematangan digital yang sama.
Untuk memberi klien kami panduan yang jelas, tim kami telah menciptakan Design Sprint Quarterly yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam peta jalan inovasi semua perusahaan yang memungkinkan, bahkan perusahaan dengan struktur paling kaku sekalipun.
Design Sprint Quarter adalah proses selama 3 bulan yang menjelaskan jalur dari Sprint awal hingga pelaksanaan solusi. Kami menjamin bahwa, jika Kamu mengikuti proses ini, Minimal Viable Product (MVP) pertama Kamu akan dirilis dan disajikan kepada masyarakat umum dalam waktu 3 bulan sejak konsepsi.
Menyelaraskan tim
Design Sprint diciptakan untuk menemukan solusi cepat bagi permasalahan bisnis kritis atau menciptakan produk serta layanan baru, tetapi setelah menjalankannya selama 4 tahun terakhir, kami bersama-sama menyadari bahwa hal itu juga memiliki kekuatan besar untuk menyatukan para anggota tim, menyelesaikan konflik, dan meningkatkan level komunikasi internal serta pembagian informasi .
Kami bekerja terutama dengan perusahaan besar dan hampir setiap Design Sprint menyoroti kurangnya komunikasi internal orang-orang yang bekerja sendiri-sendiri. Hal ini dapat membuat karyawan meragukan tanggung jawab mereka, mempertanyakan nilai mereka bagi perusahaan, dapat menyebabkan produktivitas rendah dan tentu saja – tidak memenuhi tenggat waktu. Design Sprint adalah pemberdayaan.
Penyelarasan tim memerlukan peta jalan yang sangat jelas – apa yang sedang kita kerjakan dan mengapa. Bagaimana kita akan mengerjakan proyek ini dan kapan proyek ini harus siap. Design Sprint menjawab semua pertanyaan ini dan memberikan visi yang sangat jelas kepada siapa pun yang menjadi bagiannya, hanya dalam 5 hari!
Memberdayakan masyarakat
Kami telah bekerja dalam banyak konteks berbeda, dengan proyek yang berdampak besar baik secara lokal maupun global, dengan politik kompleks dan taruhan besar yang terlibat.
Untuk Google Ventures Design Sprint yang umum, kami menyatukan kembali tim yang terdiri dari 7-8 orang dengan latar belakang multidisiplin untuk memberikan pengetahuan dan ide berbasis keahlian. Ini adalah proses yang dirancang dengan sangat baik yang menghilangkan sebagian besar tekanan dari individu sekaligus memungkinkan setiap anggota tim untuk didengarkan.
Kami semua mengerjakan tantangan yang sama, meskipun setiap peserta memiliki pkamungan dan keahliannya sendiri tentang hal itu. Setiap orang memiliki waktu untuk menyajikan pengetahuan dan wawasan mereka serta membuat sketsa solusi mereka sendiri. Yang dipajang di dinding secara anonim.
Design Sprint menciptakan lingkungan, di mana setiap ide, tidak peduli apakah itu berasal dari CEO besar atau pekerja magang, memiliki bobot yang sama. Dan ya, kami memiliki Sprint dengan taruhan besar yang terlibat, di mana orang yang benar-benar baru di bidang tersebut membawa sebuah ide, yang menjadi dasar solusinya.