Mentor bisnis adalah seseorang yang memberikan bimbingan dan saran untuk bisnis Anda. Seorang mentor biasanya menasihati pemilik bisnis, CEO, pendiri atau co-founder.
Secara tradisional seorang mentor tidak dibayar dan bertemu dengan mentee (yaitu Anda) secara teratur dalam jangka panjang. Pertemuan ini mungkin bisa terjadi setiap dua minggu atau sebulan sekali. Tergantung dari perjanjian yang telah disepakati.
Seorang mentor berbeda dengan konsultan. Tugas seorang mentor adalah mendengarkan, mengajukan pertanyaan, dan menawarkan saran untuk membantu Anda belajar membuat keputusan bisnis yang baik tanpa perlu dibayar. Sedangkan seorang konsultan dibayar ketika mereka memberikan arahan dan solusi untuk bisnis Anda.
Mentor mempunyai peranan yang sangat penting khususnya bagi para pengusaha baru. Mentor akan membantu pebisnis memecahkan berbagai masalah, membangun cara pandang, dan menurunkan ego.
Kehadiran mentor membantu pebisnis menyadari bahwa masih banyak yang perlu dipelajari dalam menjalankan bisnis. Pasalnya, orang yang Anda jadikan sebagai mentor pasti seorang profesional yang berpengetahuan luas dan berpengalaman.