Cara menggunakan rumus Vlookup di Excel ternyata tidak serumit yang sobat data bayangkan, lho! Meskipun begitu, ternyata masih banyak pengguna Excel yang belum tahu bagaimana cara menggunakan Vlookup di Excel. Padahal skill ini menjadi hard skill yang wajib dikuasai bagi siapapun terlebih di dunia kerja. Apalagi jika pekerjaannya berhubungan dengan banyak data dan angka, rumus Excel ini menjadi penting agar pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Kalau begitu, yuk simak cara cepat belajar menguasai rumus Vlookup untuk pemula di bawah ini!
- Belajar Menggunakan Vlookup Sederhana
Dalam contoh kasus kali ini, kita akan mencoba untuk mengisi besaran gaji masing-masing karyawan berdasarkan golongan mereka menggunakan rumus Excel Vlookup. Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk mencari besaran gaji secara otomatis menggunakan Vlookup, dan berikut ini langkah-langkah selengkapnya.

- Ketikkan =VLOOKUP( pada kolom Gaji Tabel B.
- Klik kolom Golongan karyawan yang akan diisi gajinya dan tambahkan tanda ;. Jadi di kolom H2, akan terlihat rumus VLOOKUP menjadi =VLOOKUP(G2;
- Blok data yang ada pada tabel A.
- Sisipkan tanda $ pada angka dan nomor kolom agar bisa di-drag ke bawah, dan beri tanda ;. Rumus akan terlihat menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$C$4;.
- Tambahkan angka 2 dan juga ; pada rumus, sehingga menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$C$4;2. Ini dikarenakan yang akan dicari adalah gaji, dan gaji ada di kolom ke 2 pada tabel A.
- Tambahkan FALSE, tutup rumus dengan tanda ) lalu tekan enter. Tampilan akhir rumus menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$C$4;2;FALSE).
Belajar Menggunakan Vlookup dengan Nilai yang Mendekati
Contoh kedua adalah cara Vlookup Excel untuk mencari nilai yang mendekati atau tidak sama persis. Biasanya hal ini digunakan untuk menentukan kelompok nilai dari besaran angka tertentu. Contoh yang digunakan kali ini adalah mencari nilai akhir mahasiswa berdasarkan poin yang dikumpulkan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat formula Vlookup dengan nilai yang mendekati.

Ketikkan =VLOOKUP( pada kolom Nilai Akhir di Tabel B.
Klik jumlah poin yang didapatkan oleh mahasiswa tersebut dan tambahkan tanda ;. Tampilan rumus akan menjadi =VLOOKUP(G2;.
Blok tabel yang digunakan sebagai acuan nilai pada Tabel A.
Sisipkan tanda $ di huruf dan angka agar bisa di-drag ke bawah. Tambahkan tanda ;. Tampilan rumus menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$B$5;.
Tambahkan angka 2 dan juga tanda ; ke dalam rumus. Ini dikarenakan nilai berada di kolom ke 2. Tampilan rumus menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$B$5;2.
Tambahkan TRUE dan tutup formula VLOOKUP. Tampilan akhir rumus akan menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$B$5;2;TRUE).
Alhasil, Excel akan secara otomatis melakukan pembulatan ke kelompok nilai terdekat dan menentukan nilai yang paling sesuai. Pastikan bahwa rentang nilai dalam tabel pembanding ditulis dari yang paling kecil ke besar, karena rumus ini akan mencari nilai yang paling sesuai dari atas ke bawah.
- Belajar Menggunakan Vlookup dengan Sheet yang Berbeda
Dapatkah kita menggunakan rumus Vlookup di Excel dengan lokasi sheet yang berbeda? Tentu bisa, guys! Simak contoh berikut dalam pembuatan nilai rapor. Yang berbeda dari kondisi ini adalah kita perlu mendeklarasikan nama tabel. Berikut tutorialnya:
Buka aplikasi Excel kemudian buku sheet baru atau file yang sudah ada.
Pada sheet pertama, buatlah tabel bernamakan "Rekap Nilai Rapor" yang berisikan 6 kolom dengan nama kolom masing-masing seperti berikut.

Kemudian pada sheet kedua, ketiga dan seterusnya juga dideklarasikan nama tabelnya. Caranya dengan seleksi data di tabel lalu klik kanan dan pilih Define New Name.
