Pay Per Click atau biasa disingkat PPC merupakan model periklanan online di mana pengiklan membayar penerbit setiap kali tautan iklan “diklik” oleh pengguna. PPC juga dikenal sebagai Cost Per Click atau model CPC. Bentuk periklanan PPC yang paling umum adalah melalui search engine, seperti Google Ads, dan melalui platform media sosial, seperti Facebook dan Instagram, serta melalui iklan bergambar di website.
Sebagai model periklanan online, PPC memiliki beberapa keuntungan, diantaranya:
Hasil Cepat: Periklanan PPC dapat mengarahkan pengunjung ke sebuah situs web hampir secara instan, sedangkan SEO dapat memakan waktu untuk menunjukkan hasilnya. Platform umumnya menyetujui iklan pada hari yang sama dan memberikan eksposur maksimum hampir seketika sehingga pengiklan bisa memperoleh hasil iklan dalam waktu yang relatif singkat.
Dapat Mengatur Audiens yang Ditargetkan: Periklanan PPC memungkinkan pengiklan untuk mengatur demografi, minat, dan lokasi tertentu untuk membantu mencapai audiens dengan tepat. Pengiklan juga dapat mengelompokkan target audiens berdasarkan perilaku dan minat mereka.
Mudah Dievaluasi: Periklanan PPC menyediakan hasil yang dapat diukur. Hal ini memungkinkan pengiklan untuk melacak konversi, return on investment (ROI) serta key performance indicators (KPI) lainnya .
Efisiensi Anggaran: Periklanan dengan metode PPC dapat mengefisiensikan anggaran dibanding periklanan tradisional seperti iklan televisi atau cetak karena pengiklan hanya membayar ketika audiens mengklik iklan. PPC merupakan model yang dapat menyesuaikan biaya iklan dengan anggaran yang dimiliki.
Melengkapi SEO: PPC dapat digunakan untuk mendukung SEO. Disaat SEO berfokus pada meningkatkan pengunjung organik, PPC dapat digunakan untuk mengarahkan pengunjung langsung ke situs web sementara upaya SEO masih berlangsung.
Manajemen Reputasi: PPC dapat digunakan untuk merekomendasikan kata kunci yang cocok dengan suatu iklan dan diarahkan ke halaman yang secara langsung membahas masalah tersebut sehingga pengiklan dapat mengontrol narasi secara instan dan profesional.
Brand Awarness: Periklanan PPC dapat membantu meningkatkan kesadaran pengguna terhadap brand yang dipromosikan. Bahkan jika pengguna tidak mengklik iklan, iklan yang yang menjangkau pengguna masih mungkin untuk dilihat dan diingat.
Secara keseluruhan, periklanan PPC menawarkan cara yang efisien biaya dan terukur untuk mencapai audiens yang ditargetkan, menghasilkan prospek dan penjualan hingga akhirnya meningkatkan kesadaran merek.
referensi : https://searchengineland.com/guide/what-is-paid-search