Brand Positioning: Strategi Penempatan Merek dan Penguasaan Pemikiran Pasar
Di dalam arena pasar yang semakin bersaing, kekuatan sebuah merek tidak lagi sekadar terletak pada kualitas produk atau jasa yang ditawarkan. Aspek psikologis konsumen menjadi medan pertarungan yang sesungguhnya, di mana brand positioning memegang peranan kunci. Pemanfaatan brand positioning yang efektif dapat menjadi kunci untuk menciptakan identitas merek yang kuat dan berkesan.
Apa itu Brand Positioning

Brand positioning adalah proses strategis dalam menciptakan ruang unik di benak konsumen untuk sebuah merek sehingga dapat memengaruhi bagaimana konsumen melihat dan keupayaan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Brand positioning adalah proses yang lebih dari sekadar tagline atau logo yang cerah, melainkan suatu strategi yang digunakan untuk membuat brand menjadi berbeda dari kompetitor. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa konsumen mengasosiasikan nilai-nilai tertentu dengan merek Anda yang tidak dapat mereka temukan di tempat lain.
Kenapa Brand Positioning Penting?
Sesuai dengan tujuannya, brand positioning dapat memberikan diferensiasi terhadap brand di pasar yang padat. Perbedaan menjadi kunci yang dapat menonjolkan keunikan atau ciri khas dari brand yang diusung. Apabila suatu brand berhasil menonjolkan keunikan yang dimilikinya, maka brand tersebut dapat membangun koneksi emosional dengan konsumen melalui nilai, misi, atau cerita yang beresonansi dengan konsumen. Hal tersebut dapat mengantarkan brand memperoleh loyalitas konsumen yang terbentuk dalam benak konsumen karena mereka merasa terkoneksi dengan apa yang diusung oleh brand. Karena itulah, dengan brand positioning suatu brand dapat mencapai kejelasan komunikasi yang membantu merumuskan pesan pemasaran yang jelas dan terfokus, yang langsung beresonansi dengan audiens/target pasar bisnis.
Langkah-Langkah untuk Menentukan Brand Positioning
Memahami Pasar dan Kompetisi dengan melakukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) yang dapat membantu dalam memahami di mana brand berdiri dibandingkan dengan pesaing Anda.
Mengidentifikasi Target Pasar untuk memahami siapa target konsumen dari brand bisnis. Dengan mengetahui apa kebutuhan dan keinginan mereka, brand akan lebih mudah dalam menentukan posisi yang relevan dalam pandangan konsumen.
Penentuan Proposisi Nilai Unik (Unique Value Proposition - UVP) adalah tahapan untuk merumuskan apa yang membuat merek bisnis berbeda dengan kompetitor. Jawaban atas pertanyaan tersebut akan menjadi inti dari positioning brand.
Penciptaan Pesan Brand berperan untuk membangun pesan merek yang kohesif dan konsisten yang mengkomunikasikan UVP brand kepada target pasar.
Tahapan terakhir adalah Evaluasi dan Penyesuaian terhadap pasar selalu berubah, jadi penting untuk terus mengevaluasi dan menyesuaikan strategi positioning brand bisnis.
Contoh Keberhasilan Brand Positioning
Apple: Apple adalah contoh brand positioning yang berhasil. Apple memposisikan merek mereka sebagai merek teknologi yang inovatif dan eksklusif. Apple menggunakan slogan "Think Different" untuk menekankan keunikan dan keberanian untuk berbeda.
Nike: Dengan slogan "Just Do It," Nike berhasil menempatkan dirinya lebih dari sekadar merek olahraga. Nike menjadikan dirinya sebagai simbol dari aspirasi, determinasi, dan inspirasi.
Akhir Kata…
Brand positioning merupakan strategi yang diterapkan oleh perusahaan atau merek untuk menciptakan sebuah posisi yang kuat dalam benak konsumen menggunakan citra dan reputasi positif. Melalui strategi ini, sebuah merek dapat mencapai posisi paling atas dalam ingatan konsumen, membuatnya menjadi pilihan utama daripada pesaing. Banyak perusahaan mengadopsi strategi brand positioning tidak hanya untuk memperkuat identitas merek mereka, tetapi juga untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pemasaran mereka.
Referensi:
https://www.qualtrics.com/experience-management/brand/positioning/
https://stickearn.com/insights/blog/brand-positioning-adalah
https://www.forbes.com/sites/theyec/2022/01/14/what-brand-positioning-is-and-why-its-important-for-your-business/?sh=1bdce4bb5a63