Ethical Marketing
Kemudahan akses informasi tidak hanya memberikan keuntungan, namun juga tantangan bahkan dalam dunia marketing. Berbagai platform, sosial media, hingga tools marketing tidak hanya mempermudah aktivitas pemasaran, tetapi juga mempermudah konsumen untuk mengulik fakta-fakta dari produk yang dipasarkan.
Kecenderungan konsumen untuk mencari dan berbagi informasi produk menjadikan persoalan pemasaran tidak hanya tentang bagaimana mengatur strategi marketing yang efektif untuk sampai kepada target customer, tetapi juga bagaimana mengatur strategi untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas customer terhadap brand maupun produk atau layanan. Membangun koneksi dan loyalitas konsumen terhadap brand memerlukan pendekatan komunikasi yang terbuka dan pemahaman yang tinggi terhadap konsumen. Karena itu, penting bagi suatu brand memiliki etika dan idea yang baik dalam memasarkan produk atau layanannya.
Pengertian Ethical Marketing
Ethical marketing dapat didefinisikan sebagai bidang etika terapan yang berhubungan dengan prinsip-prinsip moral di balik operasi dan regulasi marketing. Ethical marketing adalah tempat perusahaan menempatkan integritas moralnya dalam produk atau layanan yang mereka sediakan. Selain memberikan produk dan layanan berkualitas tinggi, ethical marketing juga menyediakan layanan atau proyek tambahan yang baik bagi lingkungan. hal ini dapat berupa materi promosi etis, layanan amal, dan lain-lain. Praktik ethical marketing menjadi lebih penting dari sebelumnya karena konsumen menjadi lebih teliti dalam memilih produk dan layanan yang ditawarkan dari berbagai penyedia.
Meskipun etika pemasaran mengacu pada prinsip dan nilai yang mengatur perilaku marketer, ethical marketing secara khusus berkaitan dengan praktik promotional ethical marketing. Contoh ethical marketing adalah penetapan harga yang sesuai dan pengiklanan manfaat produk yang tidak dilebih-lebihkan. Sementara itu praktik pemasaran yang tidak etis mungkin mencakup penyebaran informasi pelanggan tanpa persetujuan, membuat klaim yang tidak benar tentang produk, atau menargetkan pelanggan yang rentan secara emosional.
Nilai-Nilai Ethical Marketing
Kejujuran berarti mengatakan kebenaran, bersikap transparan dan menghindari penipuan. Dahulu banyak perusahaan melakukan penipuan dalam pemasaran untuk . Namun, dengan maraknya media sosial dan saluran digital lainnya, taktik seperti itu mudah terekspos dan dapat merusak reputasi merek.
Menghormati Hak Individu, termasuk menghormati privasi, perlindungan data dan menghindari diskriminasi. Konsumen mempunyai hak untuk mengontrol data pribadi mereka dan memutuskan bagaimana data tersebut digunakan oleh perusahaan. Brand harus memastikan bahwa mereka transparan tentang praktik pengumpulan dan penggunaan data serta mendapatkan persetujuan eksplisit dari konsumen.
Menghormati Martabat Manusia, brand harus mengenali nilai-nilai yang melekat pada setiap orang dan memperlakukan mereka sesuai nilai-nilai tersebut. Dalam pemasaran, menghormati martabat manusia berarti menghindari taktik yang mengeksploitasi atau memanipulasi konsumen, seperti penipuan yang disengaja.
Tanggung Jawab. Marketer mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa upaya pemasaran yang dilakukan tidak merugikan orang atau masyarakat. Marketer juga harus bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk atau layanan mereka aman dan dapat diandalkan.
Kesimpulan
Pemasaran yang etis sangat penting untuk membangun kepercayaan dan hubungan jangka panjang dengan konsumen. Brand yang mengedepankan kejujuran, tanggung jawab dan penghormatan terhadap hak individu dan martabat manusia tidak hanya akan memenuhi harapan konsumen tetapi juga membedakan dirinya dari pesaingnya. Dengan menerapkan nilai-nilai ini dalam strategi pemasarannya, merek dapat menciptakan dampak positif bagi masyarakat sekaligus mendorong kesuksesan bisnis.
Referensi
https://www.forbes.com/sites/forbesagencycouncil/2023/05/02/ethical-marketing-4-values-all-brands-should-strive-for/?sh=3f920bdb1f79
https://www.bbpress.co.uk/news/ethical-marketing-examples-of-brands-who-have-got-it-spot-on
https://www.studysmarter.co.uk/explanations/marketing/marketing-information-management/ethics-in-marketing/