KPI untuk Melacak Kinerja SEO
Performa SEO (Search Engine Optimization) yang baik penting untuk mendatangkan traffic organik dan mencapai tujuan bisnis. Untuk mengetahui efektivitas strategi SEO, diperlukan Key Performance Indicators (KPI) tertentu. Berikut 10 KPI yang dapat dimonitoring untuk meningkatkan performa SEO:
Organic Traffic
KPI ini mengukur jumlah pengunjung yang datang ke situs web melalui hasil pencarian organik. KPI ini merupakan metrik esensial untuk memahami seberapa baik upaya SEO mengarahkan traffic ke situs webisite.
Search Rankings
KPI ini melacak posisi halaman website pada halaman hasil mesin pencari (SERPs) untuk kata kunci tertentu. Rank yang lebih tinggi umumnya mengarah ke lebih banyak traffic organik.
Search Visibility
KPI ini menunjukkan seberapa sering domain website ditampilkan dalam hasil pencarian untuk kata kunci yang diberi peringkat. Melalui tracking search visibility dinamika situs website dapat dilihat dan dijadikan kunci untuk mendorong aktivitas berbasis SEO.
Backlink
Backlink adalah tautan dari situs web lain ke situs website yang dimiliki. Backlink merupakan faktor utama peringkat SEO, karena mesin pencari melihatnya sebagai sign of trust dan authority.
Organic CTR (Click-Through Rate)
CTR Organik adalahperformance metric yang mengukur rasio klik pada tautan website terhadap jumlah total pengguna yang melihat hasil pencarian. Dengan kata lain, high CTR = high traffic. CTR yang tinggi menunjukkan bahwa cuplikan halaman hasil mesin pencari (SERP) website efektif dalam menarik perhatian dan mendorong klik.
Branded Traffic
KPI ini mengacu pada pengunjung yang datang ke situs web Anda dengan mengetikkan nama brand langsung ke kolom mesin pencarian. Metric ini merupakan indikator yang baik untuk meningkatkan brand awareness dan dapat membantu melacak efektivitas upaya branding.
Bounce Rate
KPI ini adalah persentase pengunjung yang meninggalkan website setelah hanya melihat satu halaman. Bounce rate yang tinggi dapat menunjukkan bahwa situs web tidak menarik dan/atau relevan bagi pengunjung yang menemukannya melalui mesin pencari.
Average Session Duration
KPI ini mengukur jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung sejak masuk di website. Average session duration yang lebih lama menunjukkan bahwa pengunjung menganggap konten website menarik dan relevan.
Return on Investment (ROI)
ROI (Return On Investment) adalah indikator yang dapat diukur untuk semua campaign marketing. SEO ROI adalah nilai keuntungan finansial yang didapatkan dari upaya SEO. Perhitungan ROI untuk SEO menentukan apakah pendapatan bersih sepadan dengan cost yang dikeluarkan untuk mengoptimalkan website. KPI ini dapat dihitung dengan membagi total pendapatan yang dihasilkan dari traffic organik dengan total biaya kampanye SEO Anda.
Akhir Kata
Dengan melacak KPI ini, Marketer dapat memperoleh wawasan penting tentang performa SEO dan membuat keputusan berbasis data untuk mengoptimalkan strategi marketing.
referensi:
https://www.smartinsights.com/search-engine-optimisation-seo/10-kpis-track-seo-performance-drive-results/