Analisis Value Chain adalah analisis rantai nilai dari suatu produk perusahaan kegiatan analisis tersebut merupakan salah satu upaya manajemen hubungan pelanggan untuk memahami bagaimana suatu bisnis menciptakan nilai bagi para pelanggannya. Untuk mengoptimalkan hal ini perusahaan dapat menggunakan bantuan Software CRM. Sistem ini akan mengotomatiskan pemeriksaan kontribusi dari aktivitas-aktivitas yang berbeda dalam bisnis terhadap nilai tersebut.
Rantai nilai atau value chain adalah strategi untuk memandang suatu bisnis dan dipandang sebagai rangkaian kegiatan yang mengubah input menjadi output yang bernilai bagi pelanggan. Konsep ini menyediakan suatu kerangka kerja untuk memvisualisasikan bagaimana perusahaan dapat menambah nilai. Jika berhasil, hal ini tentunya dapat menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi bagi perusahaan. Kesimpulannya, aktivitas dalam rantai nilai berkontribusi untuk menambah nilai lebih. Rantai ini mencakup aktivitas yang terjadi sebagai akibat dari hubungan pemasok dan konsumen. Analisis rantai nilai juga dapat membantu manajer untuk memahami posisi perusahaan pada nilai ini untuk lebih unggul dari kompetitor.
Pentingnya Value Chain
Value Chain sangat penting bagi perusahaan karena mampu mengidentifikasikan dan menghubungkan berbagai aktivitas strategik di perusahaan. Sifat Value Chain tergantung pada sifat industri dan berbeda-beda untuk perusahaan manufaktur, perusahaan jasa dan organisasi yang tidak berorientasi pada laba. Analisis Value Chain dapat membantu manajer perusahaan untuk memahami posisi perusahaan pada rantai nilai produk, sehingga dapat meningkatkan keunggulan kompetitif. Pendekatan Analisis Value Chain dan Value Coalitions merupakan pendekatan terbaik dalam membangun nilai perusahaan kearah yang lebih baik.
Selain itu dengan value chain perusahaan dapat memaksimalkan keuntungan dengan menciptakan nilai pada setiap aktivitas. Hal tersebut memungkinkan perusahaan untuk memperoleh keunggulan kompetitif dan mempertahankannya dari waktu ke waktu. Keunggulan kompetitif tersebut berupa kemampuan yang perusahaan peroleh melalui karakteristik dan sumber daya suatu perusahaan, demi mencapai kinerja yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan lain pada industri atau pasar yang sama.
Fungsi Penerapan Value Chain
Fungsi utama dari penerapan rantai nilai yakni untuk meningkatkan keuntungan perusahaan dengan meminimalisir biaya produksi suatu perusahaan. Selain itu, value chain juga berfungsi bagi produk untuk meningkatkan value dan pemanfaatan yang akan perusahaan produksi. Fungsi lain dari value chain antara lain: